Capricorn

"Life is choices, and his choice is bad and good"

Tips Agar Berani Presentasi..

leave a comment »

kali ini aku mau ngasih kalian sedikit tips .. yaah mungkin aja didalam tips ini bisa membawa perubahan bagi anda saat anda melakukan presentasi di depan dosen atau rekan kerja lainnya.. okey guys langsung aja kita baca tips berikut ini. Menjadi seorang pegawai di sebuah perusahaan atau lembaga terkadang kita sering merasa minder. Terutama saat masih berstatus sebagai pegawai baru.

Padahal ternyata rasa percaya diri penting dimiliki dalam pekerjaan karena akan mendatangkan manfaat tersendiri. Di antaranya, dipercaya atasan, rekan kerja, maupun klien atau perusahaan lain.

Menurut Forbes, terdapat dua tahap utama dalam meningkatkan rasa percaya diri di tempat kerja, yaitu membuang atau membersihkan keraguan diri dan kemudian baru membangun rasa percaya diri tersebut.

Berikut kiat meningkatkan rasa percaya diri di tempat kerja yang terbagi dalam dua langkah, seperti disitat dari Forbes, Jumat (7/10/2011).

Langkah pertama, singkirkan rasa rendah diri.

1. Pahami dari mana asal keraguan diri berasal.
Keraguan diri telah ada sejak kita masih bayi. Kemudian, ketika balita, kita melihat orang sekitar (orangtua dan keluarga) dan berpikir untuk meniru mereka. Namun, lama-kelamaan, akan timbul pertentangan dalam diri. Sebab saat akan bertindak, kita selalu membandingkan dengan tindakan tersebut dengan teladan yang kita miliki, dalam hal ini orangtua. Sehingga kita menjadi ragu untuk bertindak di luar teladan tersebut.

2. Terima kenyataan tersebut.
Tidak ada gunanya menyangkal bahwa kamu kurang memiliki rasa percaya diri atau minder. Terimalah kenyataan tersebut dan cari cara untuk mengatasinya. Percaya atau tidak, seorang superstar atau bintang idolamu sekali pun pernah mengalami rasa tidak percaya diri, namun mereka memiliki trik untuk mengatasinya.

3. Curhat.
Pilihlah rekan kerja yang sekiranya dapat kamu percaya untuk berbagi masalah percaya diri ini. Tidak perlu malu. Pikirkan jika suatu saat kamu ditugaskan untuk presentasi di depan klien atau rekan kerja lainnya tapi kamu hanya berdiam diri karena terlalu malu untuk berbicara di hadapan banyak orang.

4. Lihat kenyataannya.
Rasa takut dan panik dalam pekerjaan dapat diatasi dengan kondisi yang kamu miliki. Misalnya, jika kamu dipromosikan ke jabatan tertentu, ingatkan dirimu apa alasan yang membuatmu terpilih. Buatlah daftar keahlian yang kamu miliki dan prestasi yang kamu raih. Bila perlu, baca daftar tersebut dengan keras. Yang paling penting, jangan mengumbar prestasi tersebut karena pemujaan terhadap diri yang salah, lebih berbahaya daripada rasa rendah diri.


Langkah kedua, tingkatkan rasa percaya dirimu.

5. Ketahuilah, semua ancaman dapat teratasi.
Situasi yang tidak menyenangkan dapat kamu atasi jika kamu mengatakan pada dirimu bahwa kamu memiliki kemampuan untuk mengatasi hal tersebut.

6. Saat mulai ahli dalam sesuatu, teruskanlah.
Tambahkan tantangan lebih dalam setiap tugas atau pekerjaan yang telah berhasil kamu atasi.

7. Jangan berharap tanggapan positif atas tindakan yang kamu lakukan.
Meminta pendapat dari orang lain mengenai tindakan yang kamu lakukan dalam meningkatkan kepercayaan, seperti persentasi di hadapan banyak orang memang diperlukan. Tapi pastikan kamu meminta tanggapan dari orang yang kompeten dan dapat dipercaya.

8. Jangan sombong.
Dalam segala sesuatu, berlebihan adalah tidak baik. Ini berlaku juga untuk percaya diri. Percayalah pada dirimu sendiri, tanpa perlu menjadi orang yang menyebalkan.<<<<

Okey tips diatas semoga bermanfaat banged buat kalian guys…

Written by 3firdhaus

November 30, 2011 pada 2:56 pm

Ditulis dalam Kuliah, Tips-Tips

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: