Capricorn

"Life is choices, and his choice is bad and good"

Dua Tips Membagi waktu Bagi Yang Super Sibuk

with 3 comments

Anda merasa sangat sibuk? Mungkin dua tips Membagi waktu ini akan membantu mengurangi kesibukan Anda. Kesibukan bekerja adalah sesuatu yang harus disyukuri, artinya ada lahan bagi Anda untuk mencari nafkah. Namun, jangan sampai kesibukan tersebut menghalangi Anda untuk menemukan peluang lain, untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai, atau menjadikan hidup Anda tidak seimbang.

Berikut adalah dua tips manajemen waktu yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi pekerjaan Anda tanpa mengurangi hasilnya.

Delegasikan tugas-tugas rutin sederhana untuk orang lain.

Pilahlah tugas-tugas sederhana yang memakan waktu dan bisa dilakukan oleh orang lain. Mengapa ini penting? Sebab Anda akan lebih banyak memiliki waktu dan hanya digunakan untuk mengerjakan sesuatu yang penting. Anda bisa fokus membangun visi Anda, melakukan hal-hal yang hanya bisa dilakukan oleh Anda, serta melakukan sesuatu yang benar-benar sangat bernilai.

Ini sangat dasar tapi sangat penting. Jika Anda memiliki uang, sewalah orang untuk melakukan pekerjaan rumah tangga, yang memperbaiki, dan bahkan beberapa pekerjaan kantor Anda yang lain. Gunakan kemampuan mereka untuk memenuhi impian Anda.

Tapi harus mengeluarkan uang untuk membayar orang lain? Tentu saja. Anda perlu menghitungnya. Misalnya banyak pekerjaan yang bisa Anda delegasikan dan harus membayar orang sebesar Rp 1.000.000 per bulan. Kemudian Anda akan memiliki waktu lebih longgar. Maka penggunaan waktu longgar ini harus menghasilkan uang yang lebih besar dari Rp 1.000.000.

Jika ternyata, Anda malah nombok, artinya pekerjaan Anda belum benar-benar bernilai. Maka gunakan waktu luang Anda untuk menambah nilai pekerjaan Anda sehingga menjadi lebih menguntungkan. Mungkin perlu waktu. Anggap saja uang yang Anda gunakan untuk nombok sebagai investasi untuk hasil yang lebih baik dimasa depan.

Miliki Rencana

Mulailah dengan “akhir dalam pikiran” adalah ungkapan populer dan itu merupakan pokok yang sangat penting. Dengan perencanaan cermat, Anda akan dapat mengatur waktu Anda lebih baik dan menghindari kesalahan mahal yang bahkan lebih memakan waktu Anda.

Dapatkah Anda bayangkan sebuah kompetisi panahan dimana tidak ada target? Bagaimana pemanah tahu jika ia akan mengenai sesuatu, atau bahkan hanya mendekati?

Anda mungkin mengatakan bahwa Anda begitu sibuk. Anda bahkan tidak punya waktu untuk merencanakan. Itu biasanya merupakan tanda bahwa Anda perlu mengambil waktu untuk merencanakan lebih dari orang lain.

Rencana Anda seperti peta jalan. Luangkan cukup waktu untuk merenungkan melalui pendekatan yang berbeda dan kegiatan, dan Anda akan segera menyadari bahwa Anda dapat menghemat waktu lebih banyak dengan melakukan hal ini. Pastikan Anda akan mencapai sasaran yang tepat dan periksa rencana Anda dari waktu ke waktu untuk memastikan Anda keluar jalur.

Pilih tempat yang tenang untuk membuat rencana Anda dan biarkan memfokuskan pikiran Anda pada proses penting.

Setiap individu memiliki persepsi unik dari rencana yang dibuat. Tidak ada aturan khusus untuk membuatnya. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda berlaku untuk sistem Anda sendiri.

  1. Tuliskan tujuan Anda. Ini adalah definisi yang tepat dari target Anda.
  2. Brainstorm (curah gagasan) strategi & taktik Anda yang akan lakukan untuk mencapai tujuan Anda.
  3. Evaluasi kelebihan & kekurangan melaksanakan strategi tersebut dan memilih taktik dan strategi terbaik.
  4. Mengatur waktu atau tenggat waktu dalam menyelesaikan misi Anda.
  5. Membuat modifikasi & rencana cadangan dalam kasus Rencana A tidak bekerja.
  6. Belajar dari evolusi rencana Anda. Bagaimana rencana Anda bekerja, apa saja kelamahannya, apa yang bekerja, dan apa yang tidak bekerja.
  7. Yang paling penting dari perencanaan ialah segera mengambil tindakan. Jangan terlalu lama pada rencana. Rencana tidak perlu detil, yang penting Anda mengetahui arah yang akan Anda lakukan.

Inilah dua tips Membagi waktu bagi Anda yang super sibuk.

Salam Pembisnis…

😀

Written by 3firdhaus

Desember 11, 2011 pada 11:12 am

Ditulis dalam Business, Kuliah, Tips-Tips

3 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. eskampiun.wordpress.com dataaaaaaaaaaaaaaaaannnnnngggggggggg….
    gue tertarik ma postingan yang ini,,,…..

    es kampiun

    Januari 4, 2012 at 11:05 pm


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: