Capricorn

"Life is choices, and his choice is bad and good"

Cara Bijak Hadapi Masa Pensiun

leave a comment »

PENSIUN memenuhi arti berbeda bagi setiap orang. Mungkin saja bagi Anda pensiun berarti transisi dari karier penuh waktu menjadi pekerjaan paruh waktu. Namun yang memberikan ketenangan pikiran di masa pensiun adalah bagaimana mencapainya secara finansial.

Untuk itu Anda perlu mempersiapkannya dengan langkah berikut:

Definisikan pensiun
Tuliskan daftar bagaimana Anda menghabiskan masa pensiun. Fokus pada gagasan. Misalnya melakukan perjalanan wisata, terlibat dalam komunitas atau menjadi relawan penitipan anak satu hari dalam seminggu.

Periksa aset
Saat Anda bekerja, perlu mengetahui berapa banyak simpanan di bank. Mulai dari rekening pensiun, aset-aset non tradisional yang membantu mendanai pensiun Anda. Setelah Anda pensiun banyak hobi dan keterampilan yang dapat diubah menjadi pendapatan riil di masa pensiun. Seperti melakukan perdagangan barang antik atau mengajar les piano.

Evaluasi kesehatan
Untuk mendapatkan hasil maksimal pensiun dan kehidupan sebisa mungkin menjadi sehat. Lakukan pemeriksaan fisik tahunan ke dokter. Rajin berolahraga dan makan makanan sehat untuk mempertahankan kesehatan. Agar mental tetap tajam lakukan permainan otak seperti puzzle dan rajin membaca buku.

Pertahankan dan pelihara jaringan
Gunakan kesempatan membangun dan memelihara jaringan untuk menampilkan bakat. Sertakan strategi jaringan dalam rencana pensiun. Bisa saja melibatkan diri dalam jejaring sosial untuk berbicara dengan orang yang berminat pada keahlian Anda. Anda pun bisa menggunakan bakat dan pengalaman dalam berkontribusi paruh waktu pada suatu organisasi.

 

Written by 3firdhaus

Mei 6, 2012 pada 3:26 pm

Ditulis dalam Business, Kehidupan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: