Capricorn

"Life is choices, and his choice is bad and good"

Tingkatan-tingkatan surga

with 2 comments

Qur’an banyak bercerita tentang sebuah kehidupan setelah kematian yaitu di surga, diperuntukkan bagi orang yang selalu berbuat baik. Surga itu sendiri sering di jelaskan dalam Al-Qur’an surat Ar-Ra’du 13:35:
“ Perumpamaan surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang takwa ialah (seperti taman). mengalir sungai-sungai di dalamnya; buahnya tak henti-henti, sedang naungannya (demikian pula). Itulah tempat kesudahan bagi orang-orang yang bertakwa; sedang tempat kesudahan bagi orang-orang kafir ialah neraka. (Ar-Ra’du 13:35) ”

Setiap muslim percaya bahwa semua manusia dilahirkan suci. Dalam Islam pula, jika ada seorang bocah yang mati, maka secara otomatis akan pergi ke surga, tanpa memedulikan agama kedua orang tuanya. Surga tertinggi tingkatnya adalah Firdaus (فردوس) – Pardis (پردیس), dimana para nabi dan rasul, syuhada dan orang-orang saleh.

Tingkatan dan nama-nama syurga ialah:

  • Jannatul Firdaus yaitu surga yang terbuat dari emas merah.
  • Jannatul ‘Adn yaitu surga yang terbuat dari intan putih.
  • Jannatun Na’iim yaitu surga yang terbuat dari perak putih.
  • Jannatul Khuldi yaitu surga yang terbuat dari marjan yang berwarna merah dan kuning.
  • Jannatul Ma’wa yaitu surga yang terbuat dari zabarjud hijau.
  • Darus Salaam yaitu surga yang terbuat dari yaqut merah.
  • Darul Jalal yaitu surga yang terbuat dari mutiara putih.
  • Darul Qarar yaitu surga yang terbuat dari emas merah.

Allah berfirman:

  • “ “Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu berada dalam surga (taman-taman) dan (di dekat) mata air-mata air (yang mengalir). (Dikatakan kepada mereka): “Masuklah ke dalamnya dengan sejahtera lagi aman. Dan Kami lenyapkan segala rasa dendam yang berada dalam hati mereka, sedang mereka merasa bersaudara duduk berhadap-hadapan di atas dipan-dipan. Mereka tidak merasa lelah di dalamnya dan mereka sekali-kali tidak akan dikeluarkan daripadanya.” (QS.Al-Hijr:45-48) ”
  • “ “Sesungguhnya Allah memasukkan orang-orang beriman dan mengerjakan amal yang saleh ke dalam surga-surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai. Di surga itu mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas dan mutiara, dan pakaian mereka adalah sutera” (QS.Al-Hajj 23) ”
  • “ “Sesungguhnya penghuni syurga pada hari itu bersenang-senang dalam kesibukan (mereka). Mereka dan isteri-isteri mereka berada dalam tempat yang teduh, bertelekan di atas dipan-dipan. Di syurga itu mereka memperoleh buah-buahan dan memperoleh apa yang mereka minta. (Kepada mereka dikatakan): “Salam”, sebagai ucapan selamat dari Tuhan Yang Maha Penyayang” (QS.Yaa-siin 55—58) ”
  • “ “Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman, (yaitu) di dalam taman-taman dan mata-air-mata-air mereka memakai sutera yang halus dan sutera yang tebal, (duduk) berhadap-hadapan, demikianlah. Dan Kami berikan kepada mereka bidadari Di dalamnya mereka meminta segala macam buah-buahan dengan aman (dari segala kekhawatiran)” (QS.Ad- Dukhaan: 51-55).

Anda ingin menjadi penghuni surga yang mana?

Written by 3firdhaus

Agustus 9, 2012 pada 8:30 pm

Ditulis dalam Agama

2 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Hmm… Mungkin Jannatul ‘Adn itu yang disebut orang bule dengan Eden, ya?
    Dan Jannatul Khuldi? Apakah di sana tempat adanya pohon Khuldi??

    adminwebcom

    September 28, 2012 at 1:55 pm

    • lw smpai saat ini sprtinya itu phon masih ada dch kn dri awal nabi adam dn ibu hawa di ciptakan emank bner2 udh ada di surga..😀

      3firdhaus

      Oktober 12, 2012 at 4:00 pm


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: